16 Dec

Fotografi dunia bawah laut

Menyelam di dasar laut memiliki sensasi yang sama dengan berada di luar angkasa, yaitu sama-sama dua dunia yang berbeda. Kini dengan kecanggihan teknologi, anda bisa bermain dengan kamera dan menunjukan kepada dunia betapa indahnya dunia bawa laut. Indonesia sudah terkenal kaya akan  terumbu karang dan biota lautnya, tidak salah kalau hampir semua fotografer di dunia  berdatangan ke sini.

IMG_5553_copyAwalnya saya tertarik dengan fotografi bawah laut dari seorang teman yang mengajak snorkeling dengan membawa kamera bawah laut. Kami menikmati alam bawah laut kemudian berpose,, hmm.. sangat menyenangkan! Rasanya ingin sekali mengulang pengalaman tersebut. Saya pun memulai perjalanan liburan saya hampir bersenorkeling ke berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, timbulah pertanyaan dalam hati, bagaimana yah kalau dengan scuba diving? Kita akan lebih lama dalam air kan?.

Alhasil hanya dari seorang snorkeler kemudian saya menjadi seorang penyelam scuba, karena kertertarikan saya akan dunia bawah laut. Saya juga berterimah kasih untuk salah satu perusahan menyelam di Bali yang membesarkan saya hingga sekarang saya sampai di tingkat pro. Untuk saat ini saya juga menekuni salah satu hobi yang saya gemari yaitu makro fotografi bawah laut, menyenangkan bagi saya meskipun hanya dengan kamera saku dan flash kecil.

Ada beberapa tempat di Bali yang menjadi favorit saya untuk makro dive, yaitu di sebelah utara danIMG_5694_copytimur pantai Bali dimana semua pecinta makro datang berburu. Untuk fotografi makro, menggunakan lensa makro merupakan pilihan yang tepat, karena memiliki pembesaran 1: 1 bahkan lebih. Tetapi lensa tersebut sedikit merogoh kocek.

Ada beberapa tips untuk fotografi dengan menggunakan kamera saku.

  1. Pastikan kamera yang anda miliki disertai dengan housingnya dan tidak bocor.
  2. Pastikan kamera yang anda miliki mempunyai program underwater dan makro.
  3. Tutupi internal flash untuk menghindari backscatter.
  4. Pelajari jarak makro seting dan tidak makro.
  5. Jika anda memiliki stroup, jaga jarak stroup dengan housing kamera.
  6. Jangan memakai zoom digital, untuk menjaga kualitas foto.
  7. Berhati hatilah dengan biota laut dan jangan merusak.
  8. Jaga kestabilan tangan saat mengambil gambar.

Fotografi bawah laut adalah salah satu hobi yang sangat di gemari penyelam saat ini, ada baiknya jika anda mengambil  Digital Underwater Photography kursus, setidaknya anda bisa tau dasar-dasar pengambilan foto dalam air dengan menghormati biota laut.

Dunia fotografi juga bisaScorpionfish menjadi peluang bisnis, jika ada kertarikan dan serius mendalami dengan sudut pandang dari seorang fotografi professional. Semuanya akan lancar jika di landasi kemampuan memotret yang bagus dan sikap kemampuan berbisnis.

Blue Season Bali dive school dimana tempat saya belajar dan bekerja saat ini, mempunyai kelas fotografi bawah laut untuk pemula dan menjadi professional, jika anda tertarik bisa mengunjungi website kami di www.baliocean.com Blue Season Bali is a PADI 5 Star Career Development Center.

Menjadi Professional photography, kenapa tidak? Semua pun bisa.

Related Posts

Post A Comment

Ready to sign up for this special offer today?